Sunday, March 6, 2016

Profil Laboratorium Bahasa dan Sastra PGSD FIP UNM

Hai Para Blogger. Selamat Sore Pembaca yang Budiman.
       Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan pepatah "Tak Kenal, Maka Tak Sayang".
       Iya  kan? 
       Yah perkenalan memang penting loh. Hehehe

Nah, berikut ini adalah Profil Laboratorium Bahasa dan Sastra PGSD. Selamat Membaca. 

             Salah satu fasilitas penunjang pembelajaran adalah laboratorium. Program  Studi PGSD FIP UNM, boleh berbangga karena memiliki 7 laboratorium. Laboratorium tersebut adalah Laboratorium IPA, MTK, Seni, IPS, Microteaching, Komputer, serta Laboratorium Bahasa dan Sastra. Laboratorium bahasa dan Sastra merupakan laboratorium terakhir yang berdiri di PGSD yang bertempat di Gedung HM Lantai 2 Kampus FIP UNM berhadapan dengan ruangan dosen, terletak antara kelas percontohan dan laboratorium Seni. Adapun tujuannya yakni sebagai sarana penunjang mata kuliah pembelajaran Bahasa baik bahasa Indonesia, bahasa Inggris maupun bahasa Makassar.
Sebagaimana yang kita ketahui dalam pembelajaran bahasa ada empat skill (keterampilan) yang sangat penting untuk ditingkatkan yaitu keterampilan membaca (reading skills), keterampilan menyimak (listening skills), keterampilan menulis (writing skills), dan keterampilan berbicara (speaking skills).  Keberadaan laboratorium bahasa ini, diharapkan dapat meningkatkan empat keterampilan tersebut.
Di laboratorium bahasa dan sastra ada 20 kursi dan meja, Peralatan Multimedia seperti LCD Televisi, VCD, Kaset/CD Video Pembelajaran, AC, Karpet, beberapa media pembelajaran, Buku Cerita Anak, Dictionary for CildrenPop Up, Buku Tamu, Buku Grammar dan TOEFL. Sebagian media  terpasang di dinding dan ada juga yang ditata di atas di meja. Di dalam Laboratorium Bahasa ini pula terdapat WiFi loh. Sehingga, mahasiswa lebih mudah akses internet.
Kegiatan yang pernah berjalan dalam laboratorium bahasa dan sastra adalah kegiatan  B3  “Bimbingan Belajar Bahasa” yang merupakan layanan bagi mahasiswa yang berminat untuk belajar bahasa, Pameran Media Pembelajaran Bahasa, dan saat ini sedang berlangsung Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Selain itu, kegiatan yang pernah diadakan adalah Talkshow “The Important of english in Globalisasion Era”. Adapun kegiatan yang direncanakan adalah  Kursus Bahasa Inggris, Cerdas Cermat SD, dan Drama Tiga Bahasa. 
Doakan yah, Semoga proker keren-keren kami dapat terlaksana :)

No comments:

Post a Comment